Tips Selalu Semangat Ikut Tarawih

tips semangat tarawih ramadhan

Marhaban ya ramadhan, bulan suci penuh ampunan telah tiba, bulan yang ditunggu-tunggu umat muslim sejagat raya, bulan yang penuh dengan pengampunan, bulan dimana kamu bisa menimba amal sebanyak mungkin. Bulan dimana doa-doa dikabulkan, sana mblo doa minta jodoh, Bulan dimana mungkin kamu LDR dengan pacarmu, kalau dekat-dekat awas loh puasanya batal.

Bulan ramadhan khas banget, selain kamu tidak boleh makan dan minum di siang hari, di subuh hari harus bangun untuk makan sahur, dan malamnya ada shalat taraweh, taraweh kamu belum bolong kan? Beberapa orang tidak shalat taraweh hanya karena persoalan tidak semangat, padahal taraweh cuman ada pada saat bulan ramadhan loh, cuma 30 hari diantara 365 hari dalam setahun.

Kali ini Mow ingin berbagi Tips supaya kamu tarawehnya semangat, supaya taraweh kamu gak bolong-bolong seperti tahun lalu. Langsung aja deh, entar keburu imsak. Cekimowt

– Niat
Niat adalah kehendak manteman, kalau kamu tidak punya kehendak untuk melakukan sesuatu, tidak mungkin kamu akan melakukannya, jadi sebelum taraweh luruskan niat, supaya jalan kamu juga lurus gak belok-belok ke tempat nonkrong.
Niat juga lah yang menguatkan kita untuk melakukan sesuatu, dalam hal ini taraweh, kalau niat kamu kuat untuk taraweh, ajakan nonkrong teman-teman dengan gampang kamu tolak, tapi kalo niat kamu KW super, colek dikit pasti berbelok dari arah mesjid. Sekali lagi LURUSKAN NIAT dan pake sendal butut ke mesjid.

 

– Cari teman bareng
Satu hal yang kadang menyebabkan malas taraweh adalah gak ada teman, meski sebenarnya gak mungkin juga kamu dan temanmu ngobrol banyak saat taraweh, tapi dengan adanya teman di sampingmu, secara tidak langsung menambah semangat kamu beribadah, partners in taraweh gitu. Nah, sisa kamu cari teman yang alim dikit jangan yang zholim, diajak taraweh malah ngajakin main PS, pfftt.

 

– Mesjid
Karena durasi shalat taraweh agak lama dibanding shalat yang lain, maka perlu benar-benar jitu memilih mesjid yang nyaman, bukan berarti ada mesjid yang tidak nyaman, hanya saja selera orang berbeda-beda, ada yang rela pergi jauh hanya karena ingin shalat di salah satu mesjid, ada yang rela jauh-jauh hanya karena imam di mesjid tertentu lebih adem suaranya, jadi gak salah kamu pilih-pilih mesjid buat taraweh.

 

– Full charge
Emang sih gak sempat buka hape saat akan taraweh, lagian juga itu membuat ibadah gak khusyuk, tapi ketika kamu keluar dengan charge di bawah 20% secara psikologis kamu akan terpengaruh, bawaannya pengen cari colokan listrik, ibadahnya jadi gak fokus, gak fokus yah gak semangat deh tarawehnya, atau malah bahkan kamu gak taraweh hanya gara-gara nungguin smarthphone kamu full charge.

shalat tarwih

 

– Gebetan
Emang sih niat taraweh gak boleh di campur adukkan dengan hal apapun, yah kalau mau taraweh, niatnya taraweh, tapi manteman ada semangat tertentu ketika kamu punya gebetan, entah kenapa taraweh jadi hal yang menyenangkan padahal di mesjid gak ketemuan juga sama gebetan, boleh deh jadiin momentun taraweh sebagai saat yang tepat menyampaikan doa agar si Doi di jodohin sama kamu, amin. Kalo gak punya gebetan yah doanya ketemu si gebetan secepat mungkin. Amin!

Itu aja sih menurut Mow, terlepas dari semua hal yang ada di atas, harusnya sih Ibadah di bulan ramadhan harus di maksimalkan, cuma sebulan loh dalam setahun, kapan lagi kamu bisa menimba banyak amalan dan membuang banyak dosa yang telah kamu perbuat.

"sebenarnya bukan semangat atau tidaknya kamu melakukan sesuatu, tapi mau tidaknya kamu melakukannya, karena dalam setiap kemauan terselip semangat yang tidak terhingga"

 

photo 2 Screen Shot 2014-07-02 at 10.37.49 AMUdahan yak, semoga puasa selama sebulan ini lancar-lancar aja.

Salam susu. Salam Betina. Mow! Mow! Mow!