Jangan Mudik Sebelum Baca Tips Ini

Mudik dengan perahu

 

Yayyy…. Udah mau lebaran aja nih, padahal kemarin baru sahur pertama, dan sekarang udah gak kerasa udah hampir 1 bulan lamanya kita puasa, menahan haus dan lapar, menahan mata dan telinga biar gak nonton dan denger infotainment (isinya kan gossip, gossip kalo kagak bener sama aja dengan fitnah), nahan mulut juga biar gak ngegosip, dan nahan untuk kelupaan makan nasi padang siang-siang!


Nah, hari kemenangan sebentar lagi akan kita capai, ups, ini nggak ada hubungannya buat pendukung belanda atau argentina yang kalah ya.  Sebagai seorang muslim tentu saja berasa gak lengkap kalo gak mudik alias pulang kampung.

Apa? Kamu gak punya kampung? Gak mudik? Yaudah, derita lo aja deh. Hahahaha….

Mow, mau ngasih tips buat kalian yang punya kampung dan berencana untuk pulang kampung. *ketawasapi*. Mow! Mow! Mow!


1. Tentukan Transportasi

galau mobil
Kamu harus menentukan alat trasnportasi apa kamu mau mudik, jalur darat, laut atau udara. Kalo jalur darat, mau make mobil, motor, bus, atau kereta. Kalo jalur laut, mau make kapal putih, kapal kayu apa naik perahu kertas. Atauuuu….mau naik pesawat, helicopter atau baling-baling bambu?….

Intinya transportasi apapun yang kamu pake, pastikan beberapa hari sebelumnya. Apalagi yang bawa kendaraan pribadi. Kamu harus memastikan kendaraan yang akan kamu bawa dalam keadaan yang bagus, biar gak mogok di jalan nanti seperti perjuangan cinta & sarjanamu yang selalu mogok. Buat yang milih angkutan umum seperti Bus, Kereta Api, Pesawat maupun kapal laut, kamu harus membeli tiketnya dari jauh-jauh hari, biar gak kehabisan dan mengakibatkan kamu gak jadi mudik. Nah, sekarang booking online deh. Eits tapi baca dulu poin selanjutnya.


2. Utamakan Keselamatan

Jangan Ngebut
Kalo kamu bawa mobil pribadi, jangan lupa menggunakan seatbelt saat tengah berkendara, kebut-kebutan di jalan itu dilarang! Apalagi sambil nabrak kendaraan yang lain.

Ingat guys, ini jalan raya, bukan arena boom boom car. Kalo kamu mengendarai sepeda motor, pastikan penumpang yang kamu bawa cuma 1 orang saja. Jangan lebih! Sepeda motor di-desain untuk 2 orang penumpang saja. Bahaya banget kalo kamu maksa mudik sambil ngebawa 3 penumpang, yang 1 duduk didepan kamu, yang dua-nya di belakang. Berbahaya! Dan yang paling penting di antara segalanya, patuhilah rambu lalu-lintas. Ohya, bagi yang menggunakan pesawat dan kapal laut tetap mengikuti prosedur keamanan di udara dan laut. Yang naik pesawat tetep pake seatbelt-nya dan jangan sekali-sekali mencoba untuk selfie sambil membuka jendela kabin! JANGAN! Apalagi yang naik kapal laut, jangan coba-coba untuk terjun ke laut cuma untuk ngerasain berenang sama hiu.


3. Bawa Cemilan
Mow saranin kamu bawa cemilan bukan bermaksud untuk biar kamu buka puasa di jalan yah! Ini ditujukan terutama untuk mereka yang menggunakan transportasi darat dan laut yang masa perjalanannya lumayan lama. Siapa tau kamu belum nyampe di kampung halaman kamu saat waktu berbuka tiba dan gak ada warung ataupun restoran di sepanjang jalan, kamu jadi bisa memakan cemilan yang kamu bawa. Dan kalo perjalanan kamu dimulai saat malam hari dan membosankan, makan cemilan bisa membuat kamu tetap terjaga dan tidak ngantuk. Yah, itung-itung nemenin yang jadi supir ngobrol. Hehehe…..


4. Bawa Obat-obatan
Ini penting banget, berhubung ini ditulis ama dokter muda yang lagi LDR. Jadi, gini, Gak semua obat harus kamu bawa sih, cukup yang penting-penting aja, seperti minyak angin, obat anti-mabuk dan obat sakit kepala. Kalo ada kotak P3K justru lebih bagus. Tapi bawa yang ada isinya yah! Percuma juga kamu bawa-bawa kotaknya tapi gak ada isinya. Sama kayak hati kamu, dibawa kemana-mana, tapi ternyata kosong. Hih!


5. Bawa Baju Secukupnya

Pakaian Banyak

 

Ingat! Kamu mau pulang kampung, bukan mau fashion show, kecuali kamu mau liburan, kamu mesti tahu,"Barang-Barang yang Wajib dibawa Saat Liburan" Gak perlu bawa baju banyak-banyak. Apalagi bawa baju sekoper haji dan ternyata cuma disana 3 hari. Itu tindakan yang melanggar undang-undang mudik dan bisa dikenakan hukuman dari mamah!

"memangnya ada Mow?".

Pokoknya, bawa baju secukupnya aja. Gak usah berlebihan. Yang ada ntar kamu malah sibuk ngurusin koper-koper kamu, bukan duit THR yang mau dikasih sama keluarga.


6. Latihan
 

"Kok latihan sih Mow?"

"Iya, terutama yang jomblo. Hahahaha…."

Latihan jawab pertanyaan dari keluarga tentang, “Udah punya pacar belum? Kenalin dong…..”, atau pertanyaan “ Kok kamu belum lulus kuliah juga sih?”, atau yang paling nyakitin, “Kenapa kamu tambah jelek?”. Hahahaha……

Pokoknya saran dari Mow sih, jawab aja sejujurnya. Tapi dengan syarat, “Aku kasih tau, tapi THR dulu doooong om, tanteeeeeeeee…….” Dan Mow pastikan keluarga kamu gak bakal nanya-nanya lagi dan langsung ngeles pura-pura hilang ingatan. Hihihi..

 

7. Letak Rumah

RUMAH BELUM PINDAH

Gak pengen bilang poin ini paling penting sih kak, cuma ya pengen ingetin dan pastiin aja, kalo "rumahmu nggak pindah" ataupun kalo pindah kamu udah tau pindah kemana. Kan nggak seru, kalo pas mudik, kerjaannya cuma nyari rumah sampai lebaran tahun depan.

 

Nah, itu tadi beberapa tips dari Mow biar mudik kalian lancar.

Perpisahan memang menyedihkan, namun tak ada yang lebih menyenangkan dibandingkan pertemuan yang terjadi setelah perpisahan.

Semoga kita semua masih dapat bertemu dengan Ramadhan tahun depan ya guys!

Btw, kalo balik dari mudik nanti, jangan lupa oleh-oleh untuk mow ya! Mow kan gak mudik…..takut disembelih, jadi sembunyi dulu.


Salam susu, salam betina.
Mow, mow, mow!