Tips Memilih Jurusan setelah Lulus SMA

Tips memilih jurusan perkuliahan

Mow pengen ngucapin "selamat datang didunia yang lebih serius" bagi kamu yang baru aja menyelesaikan pendidikan di bangku sekolah dan beranjak ke dunia nyata ataupun dunia maya yang semakin kejam.

Pokoknya dunia setelah SMA itu berbeda banget, salah satunya akan banyak temen kamu yang melanjutkan kuliah dan mulai jarang bertemu lagi ataupun bahkan nggak akan ketemu lagi. Mungkin malah diantara kamu, kamu juga akan melanjutkan pendidikan di bangku kuliah. Nah Jadi, buat kamu yang udah yakin buat ngelanjutin kuliah tapi bingung mau ngambil jurusan apa, cocok banget ngebaca artikel ini. Cekimowt!

1. Ikuti Kata Hati
Yup! Ikuti kata hatimu. Jangan sampai karena orang tua kamu pengennya kamu jadi dokter, kamu mau aja daftar kuliah jadi dokter. Jadi dokter itu gak selamanya enak loh. Kalo gak percaya, coba baca ini dulu "Jangan Jadi Dokter". Tapi kalo emang passion kamu disitu, gak masalah sih, yang menjadi masalah adalah ketika itu bukan minat dan bakat kamu.

Kalau kamu memilih jurusan yang nggak sesuai, Mow yakin hasilnya gak akan baik. Jadi, mulai sekarang, pikirin deh apa yang kamu mau. Apa yang menjadi keinginan kamu. Entah itu langsung ngelamar jadi anak kuliahan, ngelamar kerja, ataupun ngelamar pacar! *eh? Hahaha…… Yang mau Mow tegasin disini adalah, yang ngejalanin hidup kamu yaaaa kamu sendiri, bukan orang tua kamu ataupun orang lain. Jadi, mulailah belajar menentukanlah pilihan mulai dari sekarang!

 

2. Cari Tahu
Setelah kamu mengikuti kata hati kamu dan udah menentukan akan melanjutkan kemana, yang harus kamu lakukan adalah cari tahu.

"Hah? Cari tahu? Tapi kan aku gak laper Moww…."

Maksud Mow bukan cari tahu ataupun tempe, tapi cari taulah mengenai latar belakang dari universitas yang akan kamu pilih. Apalagi kalo itu universitas swasta. Kamu harus tahu akreditasinya apa, jurusan yang kamu pilih disana bagus atau nggak, biaya masuknya berapa, peluang kamu bisa lulus disana besar atau nggak, senior-seniornya pada cakep atau nggak, atau bahkan toilet disana ada airnya atau nggak. Oke, fokus dua poin terakhir paling penting kok.

Intinya, kamu harus tau gimana keadaan universitas dan jurusan yang kamu tuju. Kalo kamu berencana melanjutkan ke luar kota ataupun ke luar negeri, sebaiknya kamu cari tau juga living cost disana berapa, biar bisa skalian disesuaiin sama keuangan keluarga.

 

3. Pilih Tempat Bimbel
Nah, kalo emang kamu udah menjalankan dua poin diatas, maka pilihlah tempat bimbel yang pas untuk kamu. Sekarang ini banyak banget tempat bimbel bertaburan dimana-mana, tinggal kamu pilih aja. Saran dari Mow sih, pilihlah tempat yang dekat dari rumah, biar kamu gak ada alasan buat gak pergi belajar karena jauh, hujan deras atau bahkan macet.

 

4. Ikut Try Out
Ini lumayan manjur untuk mengetahui kemampuan kamu untuk melanjutkan ke jurusan di universitas idaman kamu. Kalo kamu ikutan bimbel, biasanya mereka menyelenggarakan try out ini sih. Tapi kalo kamu nggak ikutan bimbel dan pe-de bisa belajar sendiri juga gak masalah. Banyak juga sih lembaga ataupun universitas yang menyelenggarakan try out mandiri. Kamu bisa ikutan disitu juga. Cara ini bisa membuat kalian semakin termotivasi dan menggiatkan diri untuk belajar dan memperbaiki kekurangan yang dimiliki.

 

5. Berdoa
Nah, setelah tau apa yang kamu mau, udah nyari tau yang perlu diketahui, dan udah belajar maksimal di tempat bimbel dan juga udah ikut try out, janganlah lupa untuk berdoa. Dijamin, perasaan kamu jadi lebih lapang dan lega. Mohon petunjuk biar kamu gak salah pilih jurusan kalo perlu solat istikharah aja sekalian. Emangnya orang yang mau merit dan minta jodoh aja yang boleh solat istikharah? Kamu yang mau nentuin jurusan juga bisa kaleeeussss…..Yah, mungkin di dalam doanya bisa juga diselipin doa minta jodoh, biar sekalian gitu….. Sekali berdoa, dua-tiga pulau terlampaui. Eeaaaaaa……..

Nah, itu tadi tips-tips yang bisa kamu lakuin untuk menentukan jurusan apa yang kelak kamu pilih setelah lulus sekolah.

Pilihan yang dianggap biasa aja oleh orang lain, belum tentu hasilnya biasa aja jika kamu yang menjalani.

Jangan hiraukan apa yang orang lain pikirkan tentang yang kau pilih, karena bukan mereka yang menjalani tapi dirimu. Semua pilihan akan berhasil dengan keren jika minat dan cinta dengan apa yang kamu lakukan.

Salam susu, salam betina.
Mow, mow, mow!

1 comment