TULISAN KIRIMAN : Cinta Pertama dengan Kristiani

CERPEN…

Kali ini kita aka coba flashback ke tahun 2002/2003, dan pada masa saat itu saya masih bersekolah di SD 010 Negeri Bangkinang, Jalan Mayor Ali Rasyid. Di sekolah inilah saya sempat jatuh hati dengan seorang perempuan, hahaha yah nama anak berumur 8 atau 9 tahun belum tahu cinta-cintaan yah. Cuman sekedar suka saja.. sebenarnya sih sukanya sejak kelas 1 SD (Sekolah Dasar) cuman pas kelas di kelas 3 inilah baru terasa nyaman dengan perempuan tersebut.

Perempuan itu bernama Christina Dior, Wajahnya cantik, putih, pintar, baik, sopan, ramah. Prestasinya saat itu dapat Ranking 4 Siapa coba yang ga bakalan kepincut sama Christin ini(nama panggilannya) semua laki-laki didalam kelas sering nge-deketin christin dan nge-godain christin, yah hati saya panas dan cemburu. Tapi itu ga menghalangkan niat saya untuk ngedeketin christin, awal mula sukanya itu yah pas kelas 1, karena sering minjem pensil warna saat ngegambar, pinjem penghapus, pinjem pensil. Hehehe, disitulah saya mulai suka, dan Christine mungkin nge-respon baik. Karena apa ? laki-laki yang boleh pinjam peralatan sekolahnya christin itu cuman saya doang.

Ooh iaa, Christin ini beragama kristiani, yah mungkin kalian heran kan karena disaat itu christin belum menggunakan jilbab. Yang namanya suka kan ga mandang apapun, dikelas 3 ini posisi duduk saya berada di depan christin, widih seneng banget. Diantara 46 siswa, saya lebih akrab dengan christin, hehe pergi ke kantin bareng, pulangnya jalan kaki bareng, pokoknya kemana-mana bareng. Yaaah namanya anak sd dulu kan kalau temannya berdeketan dengan lawan jenis pasti di sorakin “Cieeeeee kalian pacaran yaaaah, awas ntar dibilang sama bu guru” yah karena itu dibatasi lagi untuk bareng.

Di saat lagi istirahat, saya ga ikut teman yang lainnya untuk jajan, yah wajar dikala itu hidup perekonomian orangtua saya susah. Sempat ngelamun sih saat itu, dan tiba-tiba ada seseorang dari belakang bertanya, “Robby kamu kok ngelamun, ngelamunin siapa ?, ga jajan bareng temen lainnya ? “Hmm ngelamunin christin, jawabku.

Disaat saya menjawab saya ga berbalik posisi ke belakang. “Eh, kok ngelamunin christin ? kamu suka yah sama dia ?” Tanya seseorang itu lagi. “Siapa yang ga suka dengan christin itu, cantik, pinter, baik, dan ramah” dan saat itu saya berbalik posisi, dan seseorang itu ternyata Christin, ya allah malu banget ditanyain sama orang yang saya suka, terbuka semua perasaan saya.

Saat itu christin duduk disamping saya, “Beneran suka sama christin, kok ga bilang-bilang sih. Kan robby gitu yah jahat.” Sempat keringetan denger pertanyaan ini, “ Iaa robby suka sama christin, udah lama. Jangan dibilang kesiapapun. Robby malu disorakin teman-teman kelas” jawabku, “Engga bakalan kok, tapi kalau beneran suka. Christin cuman minta 2 minta permintaan” langsung loyo deh dengerin yang ini, pake permintaan segala. “Iaa, christin mau minta apa ?” jawabku, “Christin juga suka kok sama robby, christin minta dijagain dan jangan pernah marahin christin. Christin ga suka dibentak-bentak” hahaha, pokoknya hari itu saya seneng banget dah. Biar komunikasinya lancer, yah kami sering kirim-kirim surat, hehe jadul yah. Waktu ngirimnya pas udah datang kesekolah, nitip ama temen. Hihihihi cinta monyet beneran ini nih. Di waktu guru rapat, kan suasana kelas ribut banget tuh. Sempetin deh ngobrol sama Christine. “Christine cantik yah hari ini”tanyaku menggoda. “Hahaha, ciee robby. Iaa makasih”jawab christin sambil ketawa malu. “Tapi lebih cantik lagi kalau christin pake jilbab, pake yah christin ? kalau di agama robby perempuan itu harus memakai jilbab supaya auratnya ketutup”tanyaku, sebenarnya udah takut sih nanyain yang beginian, takut Christin nya ngambek. “Beneran, robby perhatian yah samma Christin. Iaa Christin juga pengen make jilbab, yaudah kita ntar kepasar bareng yah beli jilbab. Inget berdua aja jangan bawa teman” jawabnya sambil senyum. “Hehehe, siap bos. Ntar yah pulang sekolah” selesai itu, saat pulang sekolah pun. Kami pun berangkat kepasar, saya sempat milihin jilbab yang bagus untuk christin, dan uang jajan christin dengan uang jajan saya itu lah untuk membeli jilbabnya christin, hehe ga apa-apa. Niatnya kan udah baik. Saat perjalanan pulang, saya sempat nanya iseng dan ngaur sih dengan christin, “Christin, kalau kelak besor kita bersama terus gimana ? christin pun menjawab sambil senyum, “Kalau emang robby itu tuh untuk christin, ga papa christin beryukur malah. Makanya jagain christin yah. Christin nyaman bisa kenal dengan robby” “Hehe, iaa tapi kan itu christin..” tanyaku sambil gugup “Tapi apa ? beda agama ? kalau emang christin yakin, christin bakal pindah agama islam kok” “Amien ya allah”, jawabku sambil senyum malu. Saat sampai dirumahnya christin, christin pun ngambil tangan saya, dan langsung menyalami “Assalamualaikum, christin pulang dulu yah. Hati-hati dijalan robby” “Waalaikumsalam, iaa christin.” Ya allah, terteguh banget dah ngeliat christin nyalamin saya sambil mungucapkan salam juga, yah sampe-sampe malam pun ke inget.
Besoknya disekolah, wanita yang saya suka udah datang, udah make jilbab. Ya allah cantik banget kalau udah make jilbab, gambarannya yah seperti Zaskia Adya Mecca.teman-teman nya christin pun langsung bingung, dan mereka pun bertanya, “Christin, kamu udah masuk islam yah ? christin pun menjawab sambil senyum,”Engga kok, masih kristiani agamaku. Dan saat pelajaran agama islam di kelas, ibu guru agama saya juga sempat heran melihat christin mengenakan jilbab. Ibu pun itu bertanya, “Christin, kamu udah masuk islam ? siapa yang nyuruh kamu mengenakan jilbab ? christin pun menjawab, “Saya ga masuk agama islam kok bu, saya menggunakan jilbab ini karena robby” semua teman-teman pada melihat ke saya termasuk ibu guru agama. “Robby, apa hubungan kamu dengan christin ? kamu pacaran yah dengan christin ?” langsung gugup dong saya dtanyain begitu, yaudah saya berani aja untuk menjawab, “Engga bu, saya pengen christin makai jilbab biar engga digodain cowok-cowok bu, toh islam juga menganjurkan wanita untuk menutup aurat kan bu” ibu itu pun langsung menjawab, “Iaa, kalau kalian pun pacaran. Ga apa-apa, kalian itu cocok. Tapi belajarnya jangan pernah tinggal” langsung malu deh saya di soraki teman-teman “ Ciee robby pacaran sama christin” dan belajar agama islam pun di lanjutkan, saat waktu istirahat, christin ngambek ga mau ngomong dengan saya lagi. Masalah apa lagi deh ini, saya langsung kejar christin. “Christin kenapa ? marah yah ? christin jawab sambil sedih, “Iaa robby, katanya suka sama christin kok ga ngaku kalau kita pacaran. Jahat banget sih” “Eh, bukan gitu. Robby terpaksa bohong christin, kan malu kalau mereka pada tau kita pacaran.”jawabku untuk meyakinkan christin, “Ga bohong kan, jangan begitu lagi yah. Eh cantik ga christin make jilbab hehe ? Tanya christin sambil ketawa malu “Hehe iaa cantik kok,” akhirnya pun, saya jajan bareng lagi sama christin, dan makan bareng dalam kelas. 3 hari kemudian, christin ga datang sekolah, ga ada kabar dari surat izin, kesepian banget kalau ga ada christin di kelas, besok harinya saya denger dari teman-teman kalau christin itu demam panas makanya ga datang ke sekolah, teman-teman saya pun berniat mengajak saya untuk menjenguk christin sepulang sekolah, usai pulang sekolah kami pun bergegas ke rumah christin, sampainya di rumah christin. Kami pun duduk diteras rumahnya christin, ibunya christin pun sempat bertanya, “Diantara kalian, yanag mana yah yang namanya nak robby” lah, saya kaget dong. Kok nama saya di panggil, “Iaa bu, saya sendiri” jawab saya dengan penuh rasa cemas “Ooh kamu yang bernama robby, terimakasih ya nak sudah bisa nyuruh christin menggunakan jilbab, dulu pas ibu suruh christin make jilbab, christin ga pernah mau” jawab ibu christin. “Terus ibu kok tau kalau robby yang nyuruh christin pake jilbab ? emang christin ngomong apa aja ke ibu”,Tanya seorang teman Christin yang perempuan. Yaaah pake ditanyain segala, habis sudah deh. “Yaah begini, waktu itu dia pulang dari pasar bawa sesuatu, dia bilang itu jilbab. Besok Christine mau pake jilbab, terus ibu Tanya lagi, kok tumben pake jilbab ? orang yang christin suka nyuruh make jilbab, katanya christin lebih cantik pake jilbab, ibu pun bingung, terus Tanya lagi. Siapa orangnya ? christin jawab namanya Robby bu”jawab bu christin sambil senyum “tuh kan Apa saya bilang mereka itu pacaran” Malu banget dah saya yang ketahuan suka sama ibunya dan juga semua teman kelas saya, tiba-tiba saya juga di panggil sama ibunya, nyuruh nyuapin christin makan dan minumin obat christin, karena christin selama sakit iaa ga mau pernah makan kata ibunya, dan saat itu juga saya menuju ke kamar christin.
“Assalamualaikum, christin ini robby.” “Waalaikumsalam, iaa masuk pintunya ga dikunci kok”, jawab christin sambil menahan rasa sakit. “Gimana 3 hari tanpa christin, bandel yah disekolah. Ga ada lagi yang ngajarin matematikanya, ga ada yang nemanin makan, ga ada yang temen pulang bareng”, Tanya christin sambil tertawa. “Ih, cemas gitu lah robby. 3 hari ga ada kabar dari christin, iaa robby kesepian ga ada christin disekolah, christin udah makan, udah minum obat ?” tanyaku. “Iaa, christin belum makan. Robby suapin yah. Tinggal disini aja yah sampe christin sembuh, jawab christin dengan nada candanya. “Robby suapin yah, aaak coba buka mulutnya. Eeh, kalau robby tinggal disini, terus sekolah robby gimana ? robby bakal sering kesini kok, makanya jangan sering nunda waktu makan, kan jadi sakit”, jawabku. “Iaa, kok marah gitu awas bilangin ibu ntar. Marah-marahin christin”,jawab christin dengan sedih. “Engga marah, robby khawatir aja sama christin. Yaudah, obatnya jangan lupa di minum. Robby pulang yah, cepet sembuh yah”, jawabku. Dan christin langsung menyalami tangan saya, selesai saya dari kamar christin. Ibu christin pun sempat bilang begini, “Kalau nak robby memang sayang sama christin, jagain dia yah. Dia sudah ga punya ayah, dan dia ga punya abang, dan christin juga anak paling bungsu” “baik bu, robby bakal jagain christin, robby permisi pulang buu”.
Sejak itu hubungan saya dengan christin semakin erat, dulu kalau mau kencan yah jalan-jalan kepasar beli cincin, beli kalung. Terus kalau lapar makan sate padang,christin yang sekaligus orang yang saya anggap perempuan istimewa juga menjadi guru saat mengajar saya pelajaran matematika, yah walaupun belajar matematikanya christin bertindak seperti guru yang killer kadang christin juga susah untuk jadi guru killer, katanya ga tegaan marah-marah. Dan christin pun tetap menggunakan jilbabnya kemanapun pergi, sampai dikelas 6 sd di saat perpisahan. Christin harus meninggalkan saya, Christin ikut tantenya yang berada di medan, untuk melanjuti sekolah SMP. Sampe saat itu pun christin menangis dia ga mau berpisah, tapi mau gimana lagi karena ibunya tak sanggup untuk membiayai sekolah, dia terpaksa sekolah di medan tempat tante nya berada.
Christin pun meninggalkan surat, saat dia sudah berangkat di medan, isinya seperti ini. “Aku bangga kenal sama kamu, aku nyaman kenal sama kamu, dan aku sayang sama kamu robby sejak kelas 1 sd, tapi aku malu untuk mengungkapin perasaan ini. Aku sempat ketawa dengerin kamu yang sedang lamunin aku, kamu yang memperhatikan aku, kamu yang menjaga aku. Kamu juga yang mengajak ku untuk mengenakan jilbab, aku harap suatu saat kita dipertemukan lagi” isi surat itulah yang bikin saya menangis, dan sampe sekarang Perempuan kristiani itulah menjadi perempuan pertama yang istimewa di kehidupan saya.

#Sejak itulah, saya(Robby Syarli Azhari) lebih mengagumi christin. Bisa menghargai umat yang agamanya berbeda, christin juga sekaligus menjadi guru matematika saya. Dan saya juga guru Arab melayu untuk christin, itu pertama kalinya saya melihat perempuan kristiani yang mampu meluluhkan hati saya.

Follow TWITTER @Robby_Azhari12

1 comment